Pengertian Tsunami

SP – Secara harfiah Tsunami adalah ombak besar yang terjadi di daerah pantai. Ombak besar atau gelombang laut adalah akibat dari adanya pergerakan atau pergeseran di dasar laut. Perubahan tersebut disertai dengan adanya perubahan permukaan laut, yang seterusnya menjalar ke segala penjuru permukaan laut secara serentak.
Ombak tersebut disebabkan karena gempa bumi, gempa laut, gunung berapi meletus, dan jatuhnya meteor dilaut. Pada waktu terjadinya tsunami gelombang bergerak dengan kelajuan tinggi, hampir tidak dapat dirasakan oleh kapal laut yang sedang berjalan di tengah laut. Hanya posisi air disekitar kapal mengalami peningkatan ketinggian bisa sampai setinggi 20-50 meter dari kedudukan semula. Tsunami akan menimbulkan kerusakan di daerah sepanjang pantai di mana kekuatan sumber penyebab tsunami berada. Tsunami bisa sampai ribuan kilometer, tergantung kekuatan sumbernya.
Gerakan vertikal pada kerak bumi menyebab pergeseran naik atau turun, pergeseran tersebut akan mengakibatkan gangguan keseimbangan yang berada di atasnya. Akibatnya akan terjadi aliran energi laut, energi aliran air laut tersebut bila sampai di daerah pantai akan menjadi gelombang besar yang menyebabkan terjadinya Tsunami.
Cara menyelamatkan diri dari Tsunami:
1.      Bila berada di tepi pantai, segeralah berlari sekuat tenaga mencari daerah yang tinggi.
2.      Kalau mungkin usahakan beada di daerah bukit.
3.      Pergi ke tempat evakuasi yang telah ditentukan.
4.      Carilah bangunan bertingkat yang kokoh (bertulang baja).


Sumber Pustaka: Totok Gunawan, dkk. 2007. Fakta dan Konsep Geografi. Jakarta: Inter Plus
0 Komentar untuk "Pengertian Tsunami"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top