Pengertian Gempa Bumi

SPGempa Bumi adalah peristiwa bergetarnya lapisan bumi sebagai akibat adanya gerakan lempeng. Lempeng yang saling bertabrakan akan saling menekan. Tekanan yang besar akan menimbulkan retakan dan patahan. Retakan atau patahan, walaupun hanya beberapa sentimeter akan menimbulkan getaran hebat di permukaan bumi. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa daerah yang sering mengalami gempa bumi ialah daerah dekat batas lempeng.
Gempa bumi bisa terjadi setiap saat bahkan bisa dikatakan setiap hari ada gempa kecil, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan. Gempa kecil ini biasanya akan mengiringi gempa yang lebih besar. Gempa diukur dengan skala Richter dan skala Mercalli, pada umumnya ukuran yang digunakan adalah skala Richter.
Gempa bumi dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu gempa tektonik, gempa vulkanik dan gempa runtuhan. Gempa tektonik terjadi karena pelepasan tenaga yang terjadi akibat pertemuan/pergeseran lempeng tektonik. Sedangkan gempa vulkanik terjadi biasanya akibat adanya peningkatan kegiatan vulkanisme, yaitu berupa pergerakan magma ke atas gunung api, pergeseran magma dengan bebatuan gunung berapi akan menimbulkan gempa bumi. Gempa runtuhan terjadi karena adanya runtuhan, contohnya tanah longsor, runtuhan tebing, runtuhan gua, dan runtuhan sumur penambangan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat terjadi gempa bumi:
1.   Bila berada di dalam rumah, segera berlindung di bawah meja atau segera keluar dan mencari tempat yang lapang.
2.      Tetap tenang, tidak terburu-buru, tunggu gempa reda dan keadaan tenang.
3.      Lindungi kepala dengan helm, atau benda lain yang dapat melindungi kepala dan muka.
4.     Bila berada di jalan raya atau tempat umum, perhatikan: tiang/kabel listrik, bangunan tinggi, papan reklame, pecahan kaca, dan benda-benda lain yang berjatuhan dari atas.
5.    Bila gempa terjadi saat anda mengemudikan kendaraan: jangan menginjak rem secara mendadak, kurangi kecepatan, dan hentikan kendaraan di bahu jalan.


Sumber Pustaka: Totok Gunawan, dkk. 2007. Fakta dan Konsep Geografi. Jakarta: Inter Plus
0 Komentar untuk "Pengertian Gempa Bumi"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top