SP – Kantor adalah setiap tempat yang
biasanya pekerjaan kantor dilakukan (J.C. Denyer). Untuk dapat mengerti tentang
manajemen perkantoran (office management), berikut ini
beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli.
Manajemen
perkantoran adalah perencanaan, pengawasan, dan
pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan
pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. (George R. Terry)
Manajemen
perkantoran adalah gabungan dan kombinasi antara corporate management (kantor sebagai
kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan), dan operation management (pekerjaan kantor).
(Prajudi Atmosudirjo)
Manajemen
perkantoran adalah penerapan fungsi-fungsi
manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan
pengawasan kantor agar tujuan kantor dapat tercapai dan pegawai-pegawai merasa
puas. (Moekijat)
Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai
perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta
penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah
ditentukan lebih dahulu. (Edwin Robinson dan William Leffingwell)
Manajemen perkantoran merupakan suatu metode yang
dilakukan dengan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen berkaitan dengan
pekerjaan perkantoran yang telah direncanakan sebelumnya. (Rifhi Siddiq)
Secara singkat dapat dikatakan, manajemen perkantoran berarti manajemen
yang diterapkan dalam bidang penyelenggaraan pekerjaan tata usaha.
Sumber Pustaka: Rusdarti, dan
Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di
Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
1 Komentar untuk "Pengertian Manajemen Perkantoran Menurut Para Ahli"
Makasih artikelnya, ikut copy buat tambah2 sumber..