Pengertian Manajemen Perkantoran Menurut Para Ahli


SP – Kantor adalah setiap tempat yang biasanya pekerjaan kantor dilakukan (J.C. Denyer). Untuk dapat mengerti tentang manajemen perkantoran (office management), berikut ini beberapa pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli.
Manajemen perkantoran adalah perencanaan, pengawasan, dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakkan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan. (George R. Terry)
Manajemen perkantoran adalah gabungan dan kombinasi antara corporate management (kantor sebagai kesatuan yang terdiri atas gedung, tanah, personil, dan perlengkapan), dan operation management (pekerjaan kantor). (Prajudi Atmosudirjo)
Manajemen perkantoran adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan kantor agar tujuan kantor dapat tercapai dan pegawai-pegawai merasa puas. (Moekijat)
Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu. (Edwin Robinson dan William Leffingwell)
Manajemen perkantoran merupakan suatu metode yang dilakukan dengan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen berkaitan dengan pekerjaan perkantoran yang telah direncanakan sebelumnya. (Rifhi Siddiq)
Secara singkat dapat dikatakan, manajemen perkantoran berarti manajemen yang diterapkan dalam bidang penyelenggaraan pekerjaan tata usaha.

Sumber Pustaka: Rusdarti, dan Kusmuriyanto. 2008. EKONOMI Fenomena di Sekitar Kita. Solo: Platinum (PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri)
1 Komentar untuk "Pengertian Manajemen Perkantoran Menurut Para Ahli"

Makasih artikelnya, ikut copy buat tambah2 sumber..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top