Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli


SP – Ada banyak definisi mengenai sosialisasi. Macionis (1997: 123) menyebut sosialisasi sebagai pengalaman sosial sepanjang hidup yang memungkinkan seseorang mengembangkan potensi kemanusiaannya dan mempelajari pola-pola kebudayaan.
Horton & Hunt (1987: 89) mendefinisikan sosialisasi sebagai proses di mana seseorang menginternalisasikan norma-norma kelompok tempat ia hidup, sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik.
Giddens (1994: 60) menjelaskan sosialisasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketika seorang bayi yang lemah berkembang secara aktif melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri, pribadi yang berpengetahuan, dan terampil akan cara hidup dalam kebudayaan tempat ia tinggal.
Ritcher Jr (1987: 139) berpendapat bahwa sosialisasi adalah proses seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperlukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam satu kedudukan atau peranan tertentu di masyarakatnya.
Stewart (1985: 93) menyatakan bahwa sosialisasi adalah proses orang memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam kebudayaannya.
Broom & Selznic (1961: 79) menyatakan bahwa sosialisasi adalah proses membangun atau menanamkan nilai-nilai kelompok pada diri seseorang.
Dari pengertian-pengertian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Sosialisasi adalah proses yang memungkinkan seseorang belajar tentang sikap-sikap, nilai-nilai, dan tindakan-tindakan yang dianggap tepat oleh satu masyarakat atau oleh satu kebudayaan tertentu.

Sumber Pustaka:
Saptono, dan Bambang Suteng S. 2006. Sosiologi. Jakarta: Phibeta
Tim MGMP Sosiologi. 2008. Sosiologi. Kebumen
0 Komentar untuk "Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top